Sang Broker

The Broker

Sang Broker

No: 013
Judul Asli:  The Broker
Penulis:  John Grisham
Alih Bahasa:  Siska Yuanita
Desain Sampul:  Marcel A.W.
Penerbit:  PT. Gramedia Pustaka Utama
Tgl Terbit: Cet. ke-1; Februari 2007
Ukuran:  600 hlm; 11 x 18 cm
Tgl beli:  Hadiah Review Blog Bang Esa
Rating:  3.5/5

Sinopsis (Spoiler Alert):
Pada saat-saat terakhir jabatannya, Presiden Arthur Morgan mengeluarkan keputusan yg kontroversial. Ia memberikan pengampunan penuh kepada beberapa orang tahanan, salah satunya adalah Joel Backman, seorang broker yg telah menjalani 6 tahun dari 14 tahun masa hukumannya. Backman diduga memiliki dan menguasai Neptunus, teknologi satelit pengintai canggih yg ditemukan oleh 3 orang mahasiswa jenius yg akhirnya mati sia-sia, Safi Mirza, Fazal Sharif dan Farooq Khan.

Backman diberikan identitas baru dan diterbangkan ke Italia. Di bawah pengawasan ketat Luigi, seorang agen CIA, Backman harus secepatnya menguasai bahasa Italia dan berbaur dengan penduduknya. Yg Backman tidak ketahui adalah kenyataan dibalik pengampunan penuh yg diterimanya. Ia sengaja dibebaskan karena Direktur CIA saat itu, Teddy Maynard ingin menghancurkan Backman yg bersikukuh menyimpan rahasia Neptunus. Rencananya setelah kehidupan baru Backman stabil, CIA akan membocorkan keberadaan Backman kepada agen-agen negara yg memburunya yaitu: Israel, Rusia, Cina dan Arab Saudi.

Backman diburu oleh keempat negara tersebut karena salah satu dari mereka adalah pemilik asli Neptunus, dan yg lainnya adalah calon pembeli yg waktu itu sempat bernegosiasi dengan Backman. CIA yg ingin tahu siapa pemilik asli program tersebut tinggal menunggu, siapapun yg berhasil membunuh Backman terlebih dahulu berarti dialah pemilik Neptunus.

Tanpa  paspor, uang yg terbatas dan alat komunikasi, Backman harus berjuang hidup dan mati menyelamatkan nyawanya.

Catatankoe:
Akhirnya sy kembali membaca John Grisham, terima kasih Bang Esa 🙂

Sang Broker masih berkutat di seputar area aman Grisham, yaitu seputar dunia hukum dengan pengacaranya, gedung putih dan para agen rahasia. Hanya saja yg menjadi sorotan kali ini bukanlah intrik-intrik persidangan melainkan kisah heroik seorang pelobi kelas atas.

Kenapa heroik, yah membaca buku ini layaknya melihat sebuah film Holywood dimana seorang jagoan yg hanya sendiri diharuskan melawan puluhan orang yg bersenjatakan lengkap dan canggih. Agak tidak masuk akal sebetulnya buat saya, tapi seperti novel-novel Grisham lainnya (oh… kecuali a Painted House) sy tidak sabar untuk segera menyelesaikannya dan sy pun tenggelam dalam keasyikan. Grisham berhasil menggambarkan keindahan kota Italia dan mengenalkan sy pada satu bahasa baru, yg tanpa sy sadari sy ikuti pada setiap sesi pelajaran bahasa Backman.

Untuk penulis sekelas Grisham, buku ini bolehlah… tidak sebagus a Time to Kill dan The Client memang tapi tetap wajib untuk dibaca. Oh bagi yg belum pernah membaca Grisham, mungkin buku ini bisa jadi perkenalan.

Kutipan Favorit:

Advertisements

2 thoughts on “Sang Broker

    • dewiyani says:

      Tapi klo cerita thriller pengadilan gitu suka ga? Coba deh mbak baca satu aja… hmmm sebagai awal sih bisa baca The Broker ini, nanti klo udah tertarik bisa lanjut ke yg lebih berat The Firm, The Client sm A Time to Kill. Saran jgn baca yg temanya bukan dunia hukum, agak kurang bagus aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s