Sebuah Jiwa Yang Terbelah

No: 018
Judul Asli:  The Minds of Billy Milligan
Penulis: Daniel Keyes
Alih Bahasa: –
Desain Sampul: –
Penerbit: Qanita, Bandung
Tgl Terbit: –
Ukuran: 676 hlm; –
Tgl beli: Pinjam di PerpuSerap
Rating: 4.5/5

Pernahkah anda merasa kehilangan waktu dan tak sadar apa saja yg telah anda kerjakan hari itu? Mungkin ada baiknya anda memeriksakan diri ke psikiater karena siapa tahu, ada yg telah merebut tempat utama selama anda tertidur.

William Stanley Milligan (Billy), 23 tahun, ditangkap oleh kepolisian Ohio, Amerika Serikat dengan tuduhan penculikan dan pemerkosaan terhadap 3 orang wanita di sekitar kampus Ohio State University. Billy tentu saja menyangkal tuduhan tersebut karena ia merasa tidak pernah melakukannya.

Dari hasil pemeriksaan psikologis pertama, Billy memiliki IQ 68 dan diduga menderita penyakit skizofrenia akut. Atas dasar hasil pemeriksaan tersebut, tim pembelanya dibantu oleh dr. Caul, seorang psikiater yg berempati pada Billy, berjuang supaya Billy bisa mendapatkan perawatan yg layak.

Billy ternyata memiliki kepribadian majemuk. Bukan hanya 2 kepribadian tapi 24 sekaligus. 24 kepribadian tersebut silih berganti mengambil alih tempat utama. Billy adalah Arthur, pria asal Inggris yg memiliki intelektual tinggi, Ragen, 24 tahun, pria temperamental berkebangsaan Yugoslavia yg ahli dalam pertahanan diri, sangat melindungi wanita dan anak kecil. Billy juga Danny, 14 tahun, seorang anak laki-laki yg selalu memiliki ketakutan tersendiri terhadap pria dewasa. Adalana, 19 tahun, lesbian yg pintar memasak, pemalu dan kesepian.

Allen, Tommy, David, Christene, Christopher, Kevin, Phillip, dsb.

Buku ini terbagi dalam tiga bagian. Bagian pertama, menceritakan kisah Billy saat ditangkap oleh polisi dan munculnya 10 kepribadian utama. Bagian kedua, kemunculan sang Guru yg memiliki kesadaran penuh hasil fusi dari 24 kepribadian lainnya. Bagian ketiga adalah cerita usai kemelut terjadi, yg menceritakan kondisi Billy yg mulai terkendali setelah mengetahui kebenaran cerita dan bagaimana Billy menghadapi tekanan dari masayrakat sekitarnya.

Meskipun buku ini bukan buku baru, tetap saja sebuah buku yg pantas dibaca siapapun juga terutama oleh praktisi dunia kedokteran, psikiater dan psikolog bahkan para politisi. Dari buku ini kita bisa belajar untuk tidak menghakimi orang lain sebelum kita tahu dengan pasti akar masalahnya. Memang Billy telah melakukan kejahatan tapi dia juga korban. Sayang buku ini berakhir dengan ending yg sedikit menggantung dan tanpa kejelasan akan nasib Billy.

Eh buku ini ada sequelnya lo… judulnya Pertarungan Jiwa Billy. Huff ga sabar pengen baca kisah Billy selanjutnya, pengen tahu bagaimana perkembangannya  😀

NOTE: Buku #02 – Name In A Book Challenge 2012

Advertisements

2 thoughts on “Sebuah Jiwa Yang Terbelah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s