Bilangan Fu

No: 042
Judul Asli: Bilangan Fu
Penulis: Ayu Utami
Desain Sampul: Ayu Utami
Penerbit: KPG
Tgl Terbit: Cet. 1, Juni 2008
Ukuran:  x + 537 hlm.; 13,5 x 20 cm
Tgl beli: Pinjam @daninoviandi
ISBN 13: 978-979-91-0122-8
Rating:  1/5

Syukurin!!! Makanya jadi orang jangan suka latah, mentang-mentang mbak Ayu jadi kotributor di Forum Buku dan hampir semua bilang buku ini bagus dan wajib baca lantas pengen ikut-ikutan baca biar ga dibilang kuper. Akibatnya apa? Nyungsep kan… Sudahlah ini bukan daerah kekuasaanmu, jadi hush… hush… sana balik ke alammu.

Kalau ada yg nanya buku ini tentang apa, maka jawabannya adalah Yuda, Parang Jati, Marja, Pemanjat Gunung dan Cinta Segi Tiga. Sudah itu saja? Ya ya… hanya itu, maksudnya hanya itu yg nyangkut di otak saya yg kecil ini. Karena nggak mungkin banget buku dengan tebal 500-an halaman isinya gitu doang. Justru itu masalahnya, buku ini terlalu berat terlalu kompleks, terlalu sarat akan isi. Belum lagi bahasanya yg tidak membumi jadi pengen kelon sama KBBI.

Tidak suka bukan berarti buku ini jelek, ada fakta-fakta menarik, kisah mistis dan sejarah babad tanah jawi yg baru saya ketahui setelah membaca buku ini. Sayangnya kok saya merasa gak pas dengan penempatannya, seperti sengaja dijejal-jejalkan. Kalau boleh saya ingin memisahkan buku ini menjadi dua bab besar FAKTA dan FIKSI, mungkin akan lebih nikmat jadinya.

Satu hal yg jadi perhatian saya adalah sampulnya, desainnya sederhana tapi nuansa mistisnya dapet. Di dalamnya ada sebuah catatan kecil yg menjelaskan bahwa buku ini menggunakan bahan yg dikelola secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. Wow… satu jempol untuk hal ini.

Hanya kesadaran akan fakta bahwa buku ini buku pinjaman yg dipinjamkan dengan catatan harus dijaga baik-baik karena ada tanda tangan penulisnyalah yg memacu saya untuk segera menyelesaikannya. Fiuhhh elap kringet dulu…

Maaf jika review saya tidak seperti biasanya.